Selasa, 28 Desember 2021

Perjuangan PPG 2021


Berawal dari UKG tahun 2015, saya kira Nilai UKG hanya tes biasa, ternyata nilai UKG di rengking dan dipanggil PLPG. Bukan rezeki saya dipanggil PLPG padahal nilai saya sama dengan teman saya dan teman saya dipanggil PLPG. 

Akhirnya pemerintah mengadakan Pretest. 2 kali ikut pretest dan saya gagal. Dalam hati menguatkan diri sendiri mungkin belum rezeki. Seiring berjalan waktu di grup MGMP teman saya mengirimkan Link grup Pretest MTK, saya masuk dan saya banyak belajar dari sana, walaupun saya tidak begitu aktif digrup pretest hanya rajin menyimak. Banyak guru-guru hebat disana apa lagi Pak Ardi Kusnadi, saya terkagum, jujur saya belum tahu kalau Pak Ardi Kusnadi ternyata satu Provinsi sama saya bahkan 1 almamater sama saya. Bulan November 2019 saya mengikuti Pretest di hari kedua, karena banyak belajar dari grup Pretest dengan PD nya saya menjawab soal 😊 MasyaAllah luar biasa saya bisa menjawab semuanya. 17 Februari 2021 saya ditelpon sama teman bahwa ada pengumuman Pretest, dalam hati berkata” ah paling saya ga lulus lagi” sampai teman memaksa untuk mengecek. Di saat buka SIMPKB dan lihat tulisan Lulus Pretes tangan langsung gemetaran, antara senang dan takut, takut apakah saya sanggup melewatinya setelah melihat kawan-kawan yg PPG tahun 2020 dengan tugas yang luar biasa.

Setelah Lulus Pretest kami disuruh untuk bergabung ke grup UKMPPG MTK dan keluar dari grup pretest. Hati masih tidak karuan mencari-cari teman, ternyata saya masih cadangan. Sedikit lega mungkin saya nanti masuk ke Angkatan 2 atau 3. Ternyata setelah masuk jadwal PPG belajar mandiri tiba-tiba ada pengumuman bahwa ada penambahan kuota PPG Angkatan 1 dan saya cek MasyaAllah saya terpanggil dan masuk Angkatan 1. Senang dan bingung, senang karena masuk PPG, bingung mau mulai dari mana. Tempat yang sering saya bertanya diawal-awal PPG adalah Bu Hesti, Bu Riawati, Bu Fajriah dan bapak/ibu di grup UKMPPG MTK, Pak Ardi yg luar biasa selalu memberikan pencerahan disaat hati mulai gundah.

Angkatan 1, Angkatan Luar biasa. Menikmati tugas di saat bulan Ramadhan tidur hanya 2 jam bahkan pernah 1 jam, Vicon pernah sampai mendekati berbuka puasa, belum lagi anak bayi selama bulan puasa tidur sampai jam 12 malam. Pengen nangis rasanya apalagi lihat anak, kalau tugas selesai malam anak hanya bisa saya lihat tapi tidak bisa saya dekap ☹. Di penghujung Ramadhan Peerteaching sudah menanti. Jujur tidak sabar rasanya menanti Libur Lebaran walau pikiran masih ke PPG. Masuk ke PPL dimana saat itu siswa sudah libur sungguh luar biasa PPL dengan 5 siswa dan alhamdulillah Dosen Pembimbing dan Guru Pamong mengerti. Ternyata belum habis sampai disitu lihat jadwal UKIN H-1 Hari Raya Idul Adha dan edit Video bertepatan hari raya Idul adha, saya benar-benar gundah karena siswa disaat UKIN banyak yang tidak bisa sampai meminta bantuan para alumni dan alhamdulillah selesai dengan lancar rekaman video dan edit video. Dan lagi-lagi hati ini di uji untuk tetap kuat dan sabra disaat mau upload video UKIN jaringan Wifi dan Data Seluler lagi gangguan, pengen nangis rasanya saya kesana kemari pakai motor mencari jaringan untuk upload video UKIN. Akhirnya saya menemukan jaringan yang bagus di Halte bus dan alhamdulillah berhasil.

Akhirnya menuju UP dan jadwal UP pun sering di undurkan ada senang karena bisa belajar, walaupun saya tidak sering mengikuti live belajar bareng pak Ardi tetapi saya sering belajar dari file-file hasil belajar yang dishare pak Ardi.

Tiba masanya UP soal pertama sampai ke tujuh lancar, mau kesoal berikutnya Server Error. Luar biasa sampai pukul 11 lewat server Error Terus semua  kacau pikiran ga karuan saya baru mengerjakan 70 soal sedangkan waktu tinggal 20 menit dan tidak dikasi perpanjangan waktu. Pengeng nangis saya sudah pesimis sekali

Tiba pengumuman UKMPPG dan saya dinyatakan” Tidak Lulus Uji UKMPPG” Hancur rasanya hati, satu minggu rasanya belum bisa terobati tapi berusaha kuat dan yakin rezeki sudah tertakar, tidak akan tertukar bahkan nyasar, selagi ada usaha dan doa. 

Ada pengumuman bahwa ada retaker untuk angkan 1 dan 2 dengan jarak waktu hampir 1 bulan. Siang malam belajar bareng sama kawan-kawan seperjuangan. Bu Rika, Bu Tati, Bu Kamalia, Bu Desak, Bu Icha dan kawan-kawan selalu menyemangati dan membantu untuk membahas soal-soal. Terkhusus pak Ardi yang selalu dengan semangat, meluangkan waktunya untuk kami membahas soal-soal dari malam bahkan pernah pagi sekali live. MasyaAllah luar biasa kebaikan Pak Ardi.

Kamis, 23 Desember 2021 Pukul 17.30 bu Rika dan Bu Idah menelpon dan tidak saya angkat. Saya tidak tahu kalau ada pengumuman karena saya sedang bepergian. Sekali lihat HP chat digrup sudah banyak, ternyata sudah ada pengumuman UP. Pikiran jadi tidak tenang karena saya mau buka pengumumanpun tidak bisa karena tidak tau no ujian berapa. Hampir 30 menit saya kebingungan, perasaan tak karuan, baru teringat bahwa kartu ujian ada dirumah langsung minta fotokan suami. Jujur saya tidak berani untuk membukanya, akhirnya Bu idah Nursida yang bantu buka pengumuman saya. Dan ALHAMDULILLAH tertulis “LULUS UKMPPG “ saya benar-benar menangis sambil peluk mama tercinta. Rasanya seperti Mimpi.

Terimakasih Pak Ardi Kusnadi atas Ilmunya, bapak tak pernah Lelah membimbing kami. Terimakasih untuk bapak ibu yang sering saya wa bahkan saya telpon, terimakasih kawan-kawan digrup Retaker yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu yang dari  pagi, siang dan malam tak pernah berhenti saling memberi semangat satu sama lain dan belajar Bersama. Kalian LUAR BIASA kalian sudah seperti keluarga. Terimaksih buat semua dukungan Kedua orang tua, suamu, keluarga, Guru-guru  SMPN 3 Mempawah Timur dan Kepala Sekolah yang sudah mendoakan saya.

Alhamdulillah Selalu bersyukur kepada Allah atas rezeki yang Allah Berikan, rezeki diberikan teman-teman baik dari Sabang sampai Merauke, rezeki sehat, dan rezeki LULUS 

By. Suci Meiliani 

23 komentar:

  1. masyaAllah buk suci, perjuangan yg sangat tidak mudah, tapi memang semangat belajar buk suci di yg kedua luar biasa, klw di saya ntah bagaimana....terimakssih atas saling berbagi di segala hal, buah dari perjuangan itu indah, mari kita peluk anak anak kita sekrg, jagan lupa peluk suami juga,hahahha

    BalasHapus
  2. Luar biasa bu, ibu selalu menyemangati saya, membantu saya dari awal PPG sampai retaker
    selalu dipeluk bu
    Apalagi anak seperti trauma ga mau lepas dari saya

    BalasHapus
  3. MasyaALLAH...
    sungguh luar biasa perjuangannya bu...
    Akhirnya berbuah manis juga
    Tidak sia2 perjuangannya 💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah bu kita sama berjuang dan Allah memberikan rezeki itu untuk kita ditahun yang sama

      Hapus
  4. Balasan
    1. Kita bersama2 berjuang bu, suatu perjuangan yg panjang apa lg kita angkatan satu banyak sekali cerita disana

      Hapus
  5. Masyallah, luar biasa, seandainya saya bisa menulis cerita saya th 2019...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo pak tulis, sebuah rasa yg kita tuang dalam kata2 yang akan menjadi kenang2an

      Hapus
  6. terharu sy bacax bu suci,luar biasa perjuangan ibu 😢

    BalasHapus
  7. Semua bapak ibu PPG angkatan 1 luar biasa. Luar biasa semangatnya, luar biasa baiknya

    BalasHapus
  8. Saya sangat tersentuh dengan tulisan ibu. Alhamdulillah Bu SDH bisa tersenyum. Mari lanjutkan ngdrakornya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini yg mantap bikin semangat ngedrakor

      Hapus
    2. Sejak selesai up, SDH BRP judul saya tonton, sampai telegram penuh dg channel drakor. Hihihi

      Hapus
  9. Luar biasa bu Suci,,
    Proses yang luar biasa,,

    Saya juga 1 almamater sama bu Suci 😁😘😘

    BalasHapus
  10. Kita semua luar biasa bu, semangat yg luar biasa

    Satu almamater kah kita bu🥰

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan percaya bu, Ana ngaku-ngaku jak tu

      Hapus
    2. 🤭 warnanya tetap warna biru kan almamaternya☺️

      Hapus
  11. MasyaAllah... Tabarakallah ya bu suci, semoga Allah memberikan keberkahan buat ibu suci dan pak ardi 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, rezeki yang berkah, ilmu yang bermanfaat 🥰

      Hapus
  12. Proses yang sangat luar biasa bu suci

    BalasHapus
  13. luar biasa bu, salud yang tidak putus asa tetaap semangat dan bekerja keras akhirnya membuahkan hasil

    BalasHapus
  14. Proses yang sangat luarr biasa...😊😊😊😊

    BalasHapus