Rabu, 29 Desember 2021

BERPIKIRLAH POSITIF, tidak peduli seberapa keras HIDUPMU!




Berawal tahun 2010 saya mulai mengajar di suatu institusi pendidikan swasta di Semarang. Dimana pengurusan tentang dapodik belum terorganisir dengan baik. Akhirnya, saya bersama salah satu rekan kerja menawarkan diri untuk menangani tanggung jawab tersebut. Sehingga, Alhamdulillah guru satu persatu terdata dan beberapa rekan kerja mendapatkan panggilan PLPG (pendidikan sertifikasi guru sebelum berganti nama PPG).

Dimulailah perjuangan PPG yang sangat indah yang ditakdirkan Allah SWT. Dari perjuangan untuk mendapatkan NUPTK, syarat awal min 2 tahun pengabdian berubah menjadi 5 tahun pengabdian dan akhirnya pada 7 tahun pengabdian baru mendapatkan NUPTK. 

Perjalanan yang kedua proses dari tahun 2015 - 2017 harus saya lalui dengan sabar karena belum dinyatakan lolos. Pada tahun 2018 saya bersama 3 orang teman saya dinyatakan lolos PLPG dan dapat melakukan pemberkasan di Dinas Pendidikan. Pada saat pengumuman kembali, syukur alhamdulillah saya harus penantian lagi, nama saya ternyata tiba-tiba dinyatakan tidak dapat mengukuti PLPG. Masya Allah rencana ALLAH pasti yang terbaik untuk hambanya.

Setelah mengikuti Pretest lagi alhamdulillah ditahun 2021, saya dinyatakan lulus mengikuti PPG dengan pola daring di LPTK Universitas Muhammadiyah Semarang. 

Alhamdulillah masa PPG ini bersama-sama 34 teman-teman seperjuangan dari berbagai daerah seperti saudara, yang saling sharing ilmu dengan MOTTO : "KITA SAUDARA bukan SAINGAN". Proses Pembelajaran selama 3 bulan dilalui bersama degan pengalaman ada yang terkendala jaringan, ada yang sampai mencari sinyal dikejar orang gila, ada yang kesiangan saat harus presentasi karena sampai pagi mengerjakan tugas-tugas tersebut selama beberapa hari, eh... kebetulan diminta memilih nomor urut presentasi dapat yang pertama. 😄.. alhamdulillah semua terselesaikan dengan lancar dan penuh cerita persahabatan hingga Ujian Komprehensif dan UKIN.

Tibalah pada Ujian Pengetahuan yang familiar dengan sebutan UP.  Yang seharusnya dalam waktu 2 minggu sudah UP, tetapi diundur sampai 1 bulan. Saya berusaha mencari informasi dari berbagi sumber dan youtube, tetapi pada waktu itu belum memiliki gambaran secara utuh karena mendapat informasi dari teman-teman sebelumnya soal-soal terutama pengetahuan profesionalnya berbeda. Dalam mengerjakan UP dengan waktu yang terbatas perlu ada trik-trik khusus dalam mengerjakan matematika. Alhamdulillah dari rekan seperjuangan diberikan rekomendasi agar dapat mengikuti kelas mentoringnya pak Ardi Kusnadi dengan nama group whatsapp UKMPPG.  

Melalui bimbingan pak Ardi ini, masya Allah saya mendapatkan banyak sekali ilmu dan trik-trik cepat dalam mengerjakan matematika. Saking banyaknya saya sampai diluar kepala alias setiap mau mengerjakan ulang soal tersebut harus lihat lagi caranya karena belum hapal.😅. Maklum karena trik cepatnya baru buat saya semua. jadi memori dikepala penuh.

Akhirnya, tibalah saat Ujian Pengetahuan dilaksanakan. Terhantam besar, dong.. deng..., Saya asal klak klik saja.. karena setiap baca soalnya saya lupa caranya. Aduh, saya pasrah.. Tibalah saat pengumuman.. Saya tidak berani buka, sampai saya menunggu satu hari baru saya buka...😭.. Saya belum lulus UP.. mau nangis tidak bisa.. akhirnya tertawa sendiri saja... sambil bilang dalam hati Allah amat sayang padaku, Allah amat sayang padaku.. rencana Allah pasti yang terbaik.. Saya masih diberi keberuntungan oleh Allah.

Dilaman Web UKMPPG tersebut saat pengumuman kelulusan, tertera yang dinyatakan belum Lulus dapat mengikuti retaker 2 yang dilaksanakan pada 9-10 Desember 2021. Alhamdulillah masih ditahun yang sama. Akhirnya saya mulai kencangkan pinggang, singsingkan lengan.. tapi dikamar saya ya😇. Saya mulai atur strategi, langsung kelompokkan soal-soal yang dishare teman-teman dan yang dari pak ardi sesuai kisi-kisi sehingga tertata. karena kesalahan dalam belajar saat UP pertama saya belajar secara acak walaupun tau kisi-kisinya. 

Tibalah UP retaker 2 dilaksanakan. Pada hari Sebelumnya saya ziarah kemakam ibu meminta restu dan do'anya.. dan tak lupa meminta do'a teman-teman seperjuangan.. Alhamdulillah saya sudah tidak klak klik secara sembarangan. Dan pada tanggal 23 Desember 2021 saya dinyatakan LULUS UKMPPG. Alhamdulillah.. Alhamdulillah.. Alhamdulillah... berkat restu orang tua, do'a pak Ardi dan juga berkat do'a teman-teman.. "tidak apa-apa ibu ulang, insyaallah akan lulus ditahun yang sama".

Terimakasih Pak Ardi yang sabar membimbing kami. Terimakasih saudara-saudaraku seperjuangan, akhirnya kita satu keluarga besar PPG angkatan 1 tahun 2021 lulus semua. Saya tidak dapat membalas apa-apa hanya Allah yang mampu memberikan balasan yang terbaik, teriring do'a selalu buat Pak ardi dan teman-teman semua berserta keluarga, semoga Allah selalu limpahkan rahmat dan keberkahan fiddunnya hattal Akhiroh. Amin.. Amin.. Amin ya robbal 'Alamin.

Berjuang tak boleh kenal lelah jika kamu menganggap yang kamu perjuangkan itu memang layak untuk kamu dapatkan. Rasa lelah akan terbayar dengan impian yang membuat kamu jauh lebih berarti dan terasa manis.

Sebagaimana kata mutiara sahabat sekaligus menantu  mulia yang dicintai rosululloh Ali bin Abi Thalib: "BERPIKIRLAH POSITIF, tidak peduli seberapa keras hidupmu!"




Tidak ada komentar:

Posting Komentar