Rabu, 29 Desember 2021

KADO TERINDAH


Saya Asep Simbolon sedikit bercerita perjuangan mengikuti PPG Daljab 2021 angkatan 1 mapel Matematika.

Sebelum mendapat undangan mengikuti pretest PPG Daljab pada awal bulan November 2019 di SIM PKB yang tergolong mepet karna akhir Oktober 2019 baru keluar NUPTK dan langsung input ke dapodik untuk sinkronisasi update data ke SIM PKB. Singkat cerita, Puji Tuhan sangat bersyukur waktu yang sangat singkat secepat itu langsung mendapat undangan jadwal mengikuti pretest PPG Daljab  2019 di SMAN 10 Bandung.

Sekitar 2 minggu mempersiapkan diri untuk mengikuti pretes. Mencari soal-soal pretes dari google, youtube dan belajar latihan soal secara mandiri. Setelah selesai mengikuti pretes pada waktu itu merasa senang karna merasa bisa menjawabnya dengan baik dan berharap bisa lulus.

Penantian panjang kapan keluar hasil pretes tersebut. Bertanya-tanya ke disdik mereka pun belum mendapat hasilnya. Setahun (2020) berlalu tak ada kabar bagaimana hasil pretes tersebut.

Pada awal tahun baru 2021 saya mengalami duka cita mama yang saya sangat kasihi harus kembali ke pangkuan Sang Khalik. Motivasi saya awal tahun itu sangatlah down. Tetapi saya tahu dibalik dukacita yg datang ada sukacita yang akan datang juga. Sebulan kemudian tepatnya 13 Februari 2021 Pengumuman Hasil Pretes PPG Daljab 2019 keluar dan langsung cek ke SIM PKB. Puji Tuhan halaman beranda SIM PKB bertuliskan "Anda Dinyatakan Lulus Pretest PPG Daljab 2019". Tadinya motivasi mengawali Tahun dengan kurang begitu bersemangat namun hasil pretes tersebut menghapus kesedihan pada saat itu juga. 

Saya sangat aktif mencari info-info PPG di telegram dan diundang oleh teman MTK di grup telegram PPG MTK yg dikelola oleh Pak Ardi dan saya bergabung di grup belajar WA Pak Ardi juga. Di grup tersebut saya sangat senang bisa belajar bersama-sama dengan bapak ibu guru hebat dari berbagai wilayah dari sabang sampai merauke. belajar sampai tengah malam hari.

Dilanjutkan dengan seleksi administrasi pemberkasan. Setelah melengkapi administrasi galau juga kenapa belum ada hasil padahal sudah banyak teman yg sudah mendapatkan hasil terkait seleksi administrasi pemberkasan tersebut. 3 Hari jelang akhir pengumuman baru mendapat hasil seleksi administrasi pemberkasan dan DITERIMA. 

Selanjutnya menunggu konfirmasi kesediaan mahasiswa ppg 2021 apakah akan masuk angkatan 1 atau tidak. Pada awal bulan Maret 2021, konfimasi kesediaan  muncul di sim pkb jam 10.35 wib dan harus sudah selesai dikonfirmasi pada jam 11.59 wib pd saat itu juga. Pada pagi hari melihat grup WA Pak Ardi sudah ramai akan hal tersebut, mengetahui hal tersebut langsung cek SIM PKB dan yesss saya juga belum klik konfirmasi kesediaan karna ketinggalan info. Semua grup WA dan Telegram PPG ramai akan hal tersebut, seperti di prank. hehe. Dan akhirnya saya bersama teman-teman yg lain mendapat panggilan untuk menjadi angkatan 1 PPG Daljab 2021 untuk klik konfirmasi kesediaan. Dan resmi menjadi Mahasiswa PPG Daljab 2021 Angkatan 1 Mapel Matematika.

Menjadi mahasiwa PPG Daljab Angkatan 1 saya sangat antusias mengikutinya secara online. Semua kegiatan saya ikuti dengan sebaik-baiknya dan juga tentunya belajar setiap hari latihan soal up bersama dengan grup belajar Pak Ardi.   Kurang lebih 3 bulan mengikuti kelas PPG mulai dari pendalaman materi hingga berakhirnya kelas PPL. Selama 3 bulan grup belajar Pak Ardi tidak pernah sepi dengan pembahasan soal via Gmeet, belajar lewat telegram, dan Tryout. Sy juga tentunya harus belajar mandiri dengan cara membuat video pembasan soal di youtube channel saya dengan harapan agar saya lebih lama mengingat  cara penyelesaiannya.

Setelah melewati proses kuliah PPG selama 3 bulan maka part akhir penentu kelulusan PPG pun akan dihadapi yaitu Uji Kinerja (UKIN) & Uji Pengetahuan (UP). Jadwal UKin dan UP dijadwalkan pada awal bulan Juli 2021. Setelah mengikuti Ukin barulah mengikuti UP. 2 kali UP mengalami kemunduran jadwal dikarenakan PPKM akhirnya diputuskan UP angkatan 1 2021 jatuh pada 4-5 Sept 2021 berbasis domisili. banyak kekhawatiran akan berlangsungnya UP berbasis domisili mengingat baru perdana dilakukan hal tersebut. Pada saat simulasi UP berbasis domisili semuanya berjalan dengam baik. Pada saat hari H UP tanggal 5 Sept 2021 saya mempersiapkan semua perlengkapan dan diri saya sebaik mungkin utk menghadapi UP tersebut.

Yessss, kejadian yang tidak diharapkan terjadi juga, pada saat UP berbasis domisili server pusat down sehingga setiap peserta ujian tgl 5 Sept tidak berjalan mulus seperti simulasi. Setiap peserta tidak dapat berpindah soal, tidak menyimpan soal, dll. berkali-kali pengawas menyuruh peserta ujian untuk keluar masuk aplikasi ujian hingga restart laptop. Kejadian tersebut membuat psikis peserta ujian tidak dalam kondisi baik lagi. begitupun saya. Mulai dari pukul 07.00 pagi sampai pukul 13.00 harus di tempat ujian tidak diperbolehkan utk meninggalkan ruangan padahal saya sendiri sudah nahan kebelet pipis dan kelunyungan (pusing karna lapar) wkwkw. Akhirnya saya bisa menyelesaikan ujian UP tersebut dengan baik walaupun dengan kondisi server ujian yg sangat tidak baik.

Melewati UP rasanya lepas sekali karna sudah selesai tuntuntan belajar wkwk, tinggal menunggu hasil kelulusannya. Yessss , yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga, sebulan kemudian pada akhir bulan Oktober ada pengumuman berita kelulusan UP PPG angkatan  1 2021 dan pada waktu cek hasilnya pada web (kebetulan bertepatan dengan visitasi assesor akreditasi sekolah juga) saya langsung teriak LULUS UKMPPG. Guru dalam ruangan kaget dan senan memdengar kelulusan tersebut. Saya langsung berdoa mengucap syukur atas berkat-berkat yang diberikan kepada saya kebetulan bulan oktober adalah bulan kelahiran saya. itu menjadi kado terindah saya pada tahun ini bisa lulus sertifikasi guru.

Terima kasih Pak Ardi atas bimbingannya selama ini kepada saya sehingga bisa dapat belajar bersama di grup WA PPG bersama bapak ibu guru-guru hebat Se-Nusantara. Maaf pak kepanjangan. Hehe

By: Asep Simbolon, S.Pd, Gr.

2 komentar:

  1. Lengkap sekali cerita nya secara umum sudah mewakili angkatan 1 pak:), sampai yg gagal klik tengah malam kena prank bersedia angkatan 1. Ternyata zonk. Hehe.... Apalagi kejadian gangguan server saat up yg bnr2 mengganggu psikologi kita menjawab soal, terimakasih kpd pak Ardi yg luar biasa menjadi fasilitator serta saya juga belajar pembahasan soal up dr YouTube BPK. Astungkara berakhir indah perjuangan kita

    BalasHapus