Selasa, 28 Desember 2021

Dari sini, kita banyak belajar


Menjadi guru, bertemu dengan banyak anak² menyapa mereka tiap hari, berinteraksi dengan banyak teman adalah bekerja yang sangat membahagiakan. Dibalik segala tuntutan kefungsian ataupun keprofesionalan sebagai seorang guru yang selalu dituntut untuk lebih dan lebih. Tibalah kemudian panggilan itu datang pada saya, akhirnya saya ikuti proses itu hingga bertemu dengan yang namanya PPG daljab 2021. Awalnya bermimpi saja tidak berani untuk ada disini, ternyata berada diposisi keluarga PPG daljab 2021 ini mengajarkan saya banyak hal.
Awalnya kami berangkat pretes 5 guru dari satu sekolah, hanya dinyatakan lulus 2 guru. Senang karena lulus pretes tapi sedih karena kita tidak bisa lanjut bersama-sama, show must go on. Saya tetap lanjut mengikuti alur  PPG setelah dinyatakan lulus pretest, dan benar apa kata mereka tentang PPG, bukanlah hal mudah untuk melewati ini semua.

Tapi disini saya belajar banyak hal, pertama saya belajar keikhlasan dimana setelah bertubi-tubi ketidak enakan saya terima Allah datangkan kenikmatan merasakan bangku PPG (nikmat karena ini adalah jawaban dari mimpi jutaan guru diluar sana)
Hal kedua, saya bergabung dengan kelas PPG nya univ Sanata dharma Yogyakarta yang dengan Lika likunya PPG online, bayangkan dong rumah saya dipucuk gunung nan jauh disana (baca: lereng Merapi). Saat harus online berarti harus berbagi sinyal dengan anak² yg juga mengikuti kelas daring disekolahnya. Bisa dibayangkan bagaimana harus naik ke atas biar dapat sinyal bagus, bagaimana kami harus mengatur strategi pembagian sinyal biar semua bisa lancar.. terimakasih anakku (kalian tim hebat ku) karena saat harus utak atik dengan IT dikelas online, semua saya serahkan anak² (maklum siemak ga jago IT) 
Terimakasih juga pak satpam smansey yang kadang harus menutup pintu lebih sore kalau saya mengikuti kelas online dari sekolah.

Hal ketiga, saya mengenal banyak teman diluaran sana, mulai bergabung dengan grup wa maupun telegram, grup PPG ini PPG itu tujuan awal biar bisa lulus PPG tapi endingnya malah dari grup² yang bertebaran kita berbagi banyak hal, bukan melulu tentang PPG. Disini awalnya bertemu master yang sering saya ributin urusan soal yang ga bisa saya selesaikan, makasih coach Ardi dengan segala ilmu yg luar biasa mengantarkan saya diposisi ini. Oya untuk pembaca yang akan mengikuti PPG wajib tuh daftar kelas pak Ardi, ada banyak banget manfaatnya..Dari satu grup beranak Pinak jadi mengenal teman guru se-Indonesia,, ya se-Indonesia ...Aaaaah saya merasa butiran debu diangkasa deh, sangat kecil dibanding teman² hebat diluaran sana..kalian teman luar biasa,, see you on top kawan.

Dibalik itu hal ke empat ini yang menjadi support system' (makasih suami dan anakku) yang mau mengubah ritme diluar kenyamanan biasanya, saat harus begadang membuat tugas online (makasih anakku, si support IT), saat harus membuat kelas online untuk PPL (makasih anak IPS smansey, kalian luar biasa) dan juga makasih keluarga SMA N 1 Seyegan Sleman Yogyakarta, tanpa dukungan dari semuanya saya tidak akan bisa melewati proses ini dengan mudah

Dari sini saya belajar bagaimana keikhlasan berbuat sesuatu akan menghasilkan sesuatu yang indah pada waktunya, bagaimana kerja keras melakukan sesuatu pasti nya akan memberikan hasil yang maksimal dan bagaimana cinta doa dan dukungan dari teman keluarga dan rekan kerja akan membuat hal berat menjadi ringan, hal susah menjadi menyenangkan
Dan bagaimana kita harus mensyukuri setiap pena kehidupan yang Allah tuliskan untuk kita sebagai nikmat yang tidak ada duanya❤️

~yuanita agustina - Pejuang PPG daljab 2021~

11 komentar:

  1. cerita siapa ini ya? buk yuan kah,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg dr pucuk gunung..ad kata kunci nya tuh buk

      Hapus
    2. Ahai *para pencari sinyal*๐Ÿ˜Š

      Hapus
    3. Next kita bikin sinetron ya buk..pencari sinyal versi Jogja lantai 2

      Hapus
  2. Nah ya kan buk Yuan... meski gakda nama, aku paham ketikannya, tulisannya, hatinya, gayanya,semoga gak salah...

    BalasHapus
  3. Kasih puk tangan dong, segitu tau nya aku dgn mu

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Wah lapaknya bisa berubah jd pasar salak ini...mari mari wisata kebun salak๐Ÿ˜‹

      Hapus
  5. Mantap bu. Walau pejuang signal. Tp ttp lulus UKMPPG. itu sudah hebat bu
    Semoga sukses selalu ๐Ÿ˜˜๐Ÿฅฐ๐Ÿ˜

    BalasHapus