Rabu, 29 Desember 2021

Hadiah Untuk IBU

 Assalamualaikum wr.wb.


Nama saya Ayu fipta hardi. Saya melepas status sebagai mahasiswa UNIMED tahun 2010 bulan APRIL, mengawali karir sebagai guru mulai tahun 2010 bulan juli sebagai seorang guru sekolah swasta, bulan oktober 2010 saya mendaftar CPNS, bulan Nopember tepatnya di hari lahir saya, saya ujian dan bulan Desember pengumuman Alhamdulillah lulus dan itu artinya saya harus merantau dari Marindal 1 Kec. Patumbak kabupaten Deli Serdang ke Air Joman Kab.Asahan. 

Dengan segala suka duka anak rantau, 5 tahun pertama saya masih merasa santai dan legowo jika sertifikasi itu bukan milik saya mungkin karena kala itu usia saya masih cukup muda bandingkan guru guru senior lainnya yang mengantri untuk disertifikasi. 2015 ikut UKG saya masih santai tanpa belajar. Kemudian ikut pretes pertama saya juga masih tidak belajar dan belum malu dengan ketidaklulusan tersebut walaupun sudah mulai ada yang memandang sebelah mata. Pretes kedua saya belajar tapi belajarnya belajar sendiri paling berdua sama suami. Alhamdulillah suami lulus dan saya tidak lulus, disitu saya bahagia karena suami lulus dan mulai bersedih karena saya tidak lulus. Saya ikhlas tidak lulus karena menurut pemikiran saya, saya sudah belajar yg penting saya sudah berusaha.

Namun ternyata ada warga sekolah yang menganggap pretes itu menjadi tolak ukur kemampuan seorang guru. Kala itu ada beberapa warga sekolah yang membuat saya menangis karena terlalu meremehkan kemampuan saya sebagai guru matematika karena saya tidak mampu bersaing di pretes. Hal yang paling menyakitkan pada hari itu hari senin, saya baru sampai di sekolah, ada rekan sesama guru yang kebetulan lulus di preetes kedua (Saya sebut di A) sedang bercerita kepada teman dekat saya kebetulan sudah lulus dipreetes pertama tapi pending PPG karena berat meninggalkan Anak (Saya sebut si B), kala itu si A berbicara kepada si B, si A membuat suatu kesimpulan sendiri, dia bilang nanti untuk kedepannya guru yang tidak lulus preetes dianggap tidak berkompeten, yang PNS mungkin di buat pensiun muda dan yang honor tidak boleh jadi guru lagi, begitulah katanya. Kala itu saya yang mendengar itu baru gagal dipretes, mungkin saya yang terlalu baper, saya sedih sekali hingga bel berbunyi kamipun upacara. Saat upacara airmata saya tak henti menetes, saya hapus dengan jilbab saya,  kala itu rasanya sakit sekali, abis upacara saya langsung wudhu sholat dua rokaat, disitu saya berdoa agar teman yang menyakiti hati saya itu merasakan apa yg saya rasakan sambil menangis.

Hari berganti hari, bulan berganti bulan, saya mendapatkan info dari suami yg PPG tahun 2018 ada temannya yg ikut telegram... ditelegram itu katanya banyak bahas soal preetes dan PPG, Saya minta linknya ke teman PPG suami. Asal ada link saya klik mau link apapun itu asal ada hubungannya dengan preetes, Saya dapati link grup preetes di wa yg ada ditelegram, Alhamdulillah jumpa dengan Pak Ardi Kusnadi yang baik hati. Alhamdulillah preetes ketiga berjalan lancar dan yakin lulus. Sedangkan si A tadi, pertama gagal ikut PPG 2019 karena suatu hal dan gagal lulus PPG 2020 juga akhirnya baru lulus di retaker 1 2021.

Tiba masa penantian 2 tahun yang sangat lama. Asal ketemu mama bapak saya minta didoakan agar bisa sertifikasi. Tahun 2021 lulus pretes langsung telpon emak : Mak ayu lulus preetes mak doain ya mak bisa PPG dan lulus UP. Kata emak : Alhamdulillah, iya pasti didoain, kala itu mama sedang flu. kirain flu biasa ternyata positif covid, 27 februari 2021 emak meninggal disitu sedang sibuk pemberkasan untuk yg angkatan 1 (Sedih rasanya padahal udah pengen pamer uang serti pertama ke emak, mau bawa emak belanja sepuasnya). PPG dimulai dengan segala dramanya, Alhamdulillah bisa teratasi walaupun sering pencernaan bermasalah karena stres tapi ada suami yang selalu bilang, jangan terlalu di forsir di PPG persiapkan UP. 

Alhamdulillah setelah preetes lulus beralih dari grup preetes ke grup UKMPPG....hari berganti hari berjalan PPG dengan segala permasalahannya hampir selesai tetiba selesailah PPL ketiga.....senang rasanya tapi ternyata waktu UP semakin dekat dan belum mantap belajarnya digrup. Seminggu setelah PPL ketiga saya dan suami positif covid. Awalnya suami isolasi duluan di RS kemudian saya menyusul melihat saya ikut isolasi suami saya drop karena memikirkan saya mau ujian UKIN gimanannti ujiannya, suami sesak persis seperti vidio yang dimedsos ketika pasien covid akan meninggal. 

Perasaan saya campur aduk, Saya semangati diri saya sendiri karena menurut dokter saya tidak boleh drop karena asam lambung saya tinggi, fungsi hati tinggi, kekentalan darahnya terlalu kental dll. Saya berjuang supaya saya tidak drop, saya berjuang menghibur dan semangati suami saya yg baru melewati masa kritis, saya berjuang utk ujian ukin, edit ptk dalam semalam....buat vidio ukin di RS dengan tangan yang bengkak oleh jarum infus. Tapi saya tetap semangat, Alhamdulillah berkah yang luar biasa ujian ukin terlewati, suami semakin membaik kita keluar dari RS dan isolasi mandiri.

Ketika dirumah disitulah saya baru merasakan sesak walaupun hasilnya sudah negatif tapi saya sesak, mudah capek kalo sudah malam sesak sekali tapi saya berfikir apapun yang terjadi saya harus menyelesaikan UP dan lulus UP . hinggalah masanya Pak Ardi memfasilitasi kami utk tryout dan vicon google meet. Disinilah saya mulai serius belajar, Alhamdulillah luar biasa tryout sesama guru sangat bermanfaat hingga saya merasa mampu menjawab soal kepribadian tanpa membaca soal, menjawab soal pedagogik hanya cukup tau point pentingnya saya dan Mampu mengingat jawaban dan penyelesaian soal up matematika 2020 yg ternyata banyak keluar di UP 2021. 

Ketika ujian saya sempat merasakan sesak karena servernya down terus,  ujiannya keluar masuk aplikasi, Sesak karena saya baru sembuh dari covid, kala itu jika saya sedih dan panik saya pasti sesak, Alhamdulillah sekarang sudah tidak. Alhamdulillah terbiasa membahas dan menjawab soal up berkat Pak Ardi....Terima kasih banyak Pak Ardi sudah membantu dan memberikan wadah untuk kami belajar, Sehat selalu dan lancar rezekinya.

8 komentar:

  1. Selamat ya Bu...
    Teman - teman saya malah sekarang gak mau ikut pretes lagi karena mereka lihat saat saya ikut PPG terasa susah dan badanku kurus 🤭

    BalasHapus
  2. Makasih bu WA MULIYATI....... Tetap disemangati aja bu temannya. Insha allah akan terlewati

    BalasHapus
  3. Ada beberapa hal yg juga saya alami,Blum s4 ajak Emak belanja pake duit srtfikasi..😢😢

    BalasHapus